Varian Delta Masih Mengancam, Who Belum Tahu Kapan Pandemi Berakhir

Sehingga dia meminta masyarakat untuk bisa bersabar dan tetap menerapkan protokol kesehatan. “Inilah memang penularan varian Delta sangat cepat oleh karena itu bapak ibu semua harus bekerja lebih keras lagi dan tahan banting,” katanya. Dia pun mendorong pemerintah agar meningkatkan pemeriksaan Whole Genome Sequencing untuk mengantisipasi varian baru virus corona tersebut. Tindakan seperti mencuci tangan, menjaga jarak dari orang lain, dan mengenakan penutup wajah akan tetap membantu mencegah infeksi. Namun, penting untuk lebih waspada sebab varian-varian baru tampak lebih mudah menyebar.

Beberapa varian baru sudah muncul saat ini

Jika memiliki gejala ringan, kamu bisa melakukan isolasi mandiri di fasilitas isolasi pemerintah ataupun di rumah bagi yang memiliki syarat. Kemenkes menetapkan bahwa tempat isolasi mandiri haruslah memiliki ventilasi yang baik dengan mobilitas yang terbatas. Sementara itu, kalau kamu merasakan gejala sedang, kamu bisa menjalani isolasi dan perawatan di RS Lapangan, RS Darurat Covid-19, RS Non Rujukan, dan RS Rujukan.

Namun dirinya berharap, mereka bisa dipindahkan ke tempat isolasi yang terpusat. Virus Corona memang selalu bermutasi dan saat ini telah terdeteksi ribuan mutasi sejak Januari 2020. Dana yang berasal dari valuasi saham sebagai jaminan sementara yang dapat digunakan untuk pembelian dan penarikan dana pada hari yang sama (same-day) yang dapat dijadikan jaminan 100 percent . Penggunaan dana Fasilitas berpotensi menimbulkan pembiayaan talangan dan forced-sell atas saham yang dijaminkan tersebut. Dana yang berasal dari valuasi saham sebagai jaminan sementara yang dapat digunakan untuk pembelian dan penarikan dana pada hari yang sama (same-day).

Meski begitu, sejauh ini belum ada penyelidikan yang diluncurkan untuk melihat bagaimana vaksin yang ada saat ini bekerja melawan varian virus yang ditemukan di Vietnam. Dengan metode Next Generation Sequencing , para ilmuwan kini mampu memecahkan kode genetik seluruh genom virus. Mereka dapat mendeteksi perubahan amat kecil dalam susunan genetik virus dengan melihat fragmen DNA, dan dengan demikian dapat menentukan asal dan pola penyebaran varian virus.

Bila masih memiliki pertanyaan terkait COVID-19 varian Delta atau vaksin COVID-19, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter melalui chat di aplikasi ALODOKTER. Di aplikasi ini, Anda juga bisa membuat janji konsultasi dengan dokter di rumah sakit bila memerlukan pemeriksaan langsung. Vaksinasi dosis pertama hanya memberikan perlindungan terhadap varian Delta sebanyak 33%. Sementara perlindungan vaksin COVID-19 dosis lengkap terhadap varian Delta diketahui bisa mencapai 60–80%, tidak berbeda dengan perlindungan vaksin COVID-19 terhadap varian virus Corona lainnya.

WHO menyatakan varian yang harus mendapat perhatian lebih ketika lebih menular, lebih mematikan dan tak mempan terhadap vaksin. Sebab kalau sudah turun ke jalan, pergi ke kota, ini kan terjadi mobilitas tinggi. Dan dari knowledge google, mobilitas warga di Jateng masih tinggi,” pungkasnya. Ganjar juga meminta jajarannya dari stage Kakek Merah atas sampai tingkat desa dan kecamatan untuk terus melakukan komunikasi dan edukasi pada masyarakat agar mereka sadar. Jika Anda tidak bekerja dari jarak jauh , bekerjalah di luar ruangan, jika memungkinkan.

Maka dari itu, masyarakat diimbau untuk tidak pilih-pilih jenis vaksin yang tersedia saat ini di Indonesia. Indra sendiri saat ini diketahui tengah menempuh pendidikan di Universitas Oxford, Inggris. Ia menuturkan bahwa para ilmuwan saat ini masih menerka-nerka apa saja proses pembentuk imunitas di dalam tubuh manusia usai melaksanakan vaksinasi COVID-19. Terkait penurunan efektivitas vaksin atas varian baru COVID-19, seorang peneliti yakni Indra Rudiansyah mengatakan bahwa laporan tersebut merupakan baru sebatas penelitian di laboratorium. JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengingatkan potensi bahwa dunia akan menghadapi varian baru Covid-19 yang lebih ganas.