Pemerintah Fokus Cegah Masuknya Varian Virus Corona Baru

Keputusan ini diambil sebagai tanggapan atas munculnya jenis virus baru yang kuat di Inggris dan negara-negara Eropa lainnya. Setidaknya, 8 orang yang memiliki kontak erat dengannya, juga sudah diisolasi di rumahnya dengan pengawasan ketat. Mereka pun sudah diambil sampel darahnya dengan pengujian dilakukan di Jakarta.

Inilah yang membuat orang lebih mungkin terinfeksi saat terpapar virus corona SARS-CoV-2 dengan varian B.1.1.7. Hal yang paling ditakuti oleh para ilmuwan adalah virus akan bermutasi hingga menyebabkan penyakit yang lebih parah, melewati kemampuan tes untuk mendeteksi, atau vaksinasi tidak bisa memberi perlindungan. Tingkat penularan varian KKG628 Slot ini bisa mencapai 36% hingga 75% dibandingkan dengan jenis virus corona yang beredar sebelumnya. Karakteristik delta yang cukup berbahaya, salah satunya yaitu menyebabkan banyak pasien harus dirawat di rumah sakit. Jika kamu tidak memiliki gejala apapun, kamu dapat melakukan isolasi mandiri di rumah ataupun fasilitas isolasi pemerintah.

Pemprov NTB tak mau berspekulasi soal varian baru virus corona, tetapi meminta masyarakat waspada. Perlawanan virus corona akan membawa hasil maksimal kalau semua pihak menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin. Tak hanya melaksanakan 3M tapi harus dipastikan pelaksanaannya benar dan konsisten secara bersama-sama. Studi awal menunjukkan bahwa varian baru dapat menyebar lebih mudah dari orang ke orang. Sejauh ini, para ilmuwan di Inggris tidak melihat bukti bahwa infeksi oleh Corona varian baru ini menyebabkan penyakit yang lebih parah. Meski demikian, Zubairi memastikan bahwa varian baru virus corona tersebut tidak lebih ganas dan mematikan dari sebelumnya.

Infeksi virus Corona varian Delta diketahui lebih sering ditemukan pada orang dewasa muda. Di Inggris, penelitian menemukan bahwa anak-anak dan orang dewasa di bawah umur 50 tahun hampir tiga kali lebih berisiko untuk terinfeksi varian ini. Berdasarkan dokumen yang diterbitkan oleh Kelompok Penasihat Ilmiah untuk Keadaan Darurat , varian jenis baru tersebut telah menewaskan lebih dari empat juta orang dan menghancurkan ekonomi dunia. SAGE memperkirakan bahwa strain masa depan yang belum disebutkan namanya itu, bisa memiliki tingkat kematian atau fatality rate hingga 35 persen.

Pada kedua jenis infeksi COVID-19 tahap serius, gejala sesak napas cukup dominan termasuk juga saturasi oksigen. Pastikan untuk selalu memonitor kondisi pernapasan jika tertular virus corona. “Secara umum hampir sama ya, kita harus menghindari kerumunan, prokes benar-benar dijaga, cuci tangan, pakai masker karena ini salah satu intervensi di tingkat masyarakat, itu secara umum. Tapi, ada satu intervensi yang sangat amat mujarab dianggap sangat bagus untuk mencegah virus ini yaitu dengan melaksanakan vaksinasi,” tuturnya. Di Vietnam, varian baru yang ditemukan dilaporkan merupakan persilangan antara Alfa (B.1.1.7) dan Delta (B.1.617). Sejauh ini, sebanyak 1 juta dari 96 juta populasi di Vietnam telah divaksinasi dengan AstraZeneca. Vaksin ini memberikan perlindungan yang baik terhadap varian Alfa, tetapi tidak seefektif untuk varian Delta.

Hingga Jumat (30/7), jumlah kasus varian Delta yang tersebar di Pulau Jawa mencapai 826, atau seventy seven,5% dari total kasus nasional. Jumlah kasus varian Delta di Pulau Jawa bertambah 36 atau 4,6% dari yang dilaporkan, hingga Selasa (27/7). Airlangga Hartarto juga menargetkan kepada masing-masing Pemerintah Daerah untuk terus memberikan laporan harian peningkatan kasus, kondisi Bed Occupancy Rate , obat-obatan, dan jumlah oksigen yang dimiliki setiap daerah. Jokowi menuturkan saat pemerintah memutuskan untuk mengambil langkah PPKM Darurat saja banyak masyarakat yang mengeluhkan. Sehingga jika pemerintah mememutuskan melakukan lockdown belum tentu masalah akan selesai. Menurut Jokowi, tidak ada cara lain untuk membatasi kegiatan masyarakat dengan memberlakuan PPKM Darurat.

Beberapa varian baru sudah muncul saat ini

Airlangga juga memastikan data yang termonitoring merupakan data terkini dari Kementerian Kesehatan. Dengan muculnya varian Delta di dalam negeri, akhirnya pemerintah memutuskan menetapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat. Hal ini lataran Pulau Jawa dan Bali paling terdampak adanya varian Delta ini. Lebih lanjut, Indra menambahkan bahwa vaksin COVID-19 yang tersedia saat ini adalah sudah terbaik. Hal ini dikarenakan bisa menjadi solusi untuk mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity.

Selain itu, beberapa riset juga menunjukkan vaksin COVID-19 dapat memberikan perlindungan terhadap virus Corona varian ini. Hingga saat ini, efektivitas vaksin COVID-19 terhadap varian Gamma masih belum diketahui dengan jelas dan terus diteliti. Jangan lupa bila Anda mengalami gejala tertentu yang kemungkinan mengarah ke Covid 19 atau pernah kontak dengan penderita Covid 19, segera lakukan tes swab PCR di GSI Lab. “Kecuali ada peningkatan pesat dalam produksi world, melalui berbagai pengetahuan dan teknologi, tidak mungkin memvaksinasi dunia dan mengakhiri pandemi,” lanjutnya. Di samping gejala tersebut, COVID-19 varian Delta juga mungkin akan menimbulkan gejala umum COVID-19 lainnya, seperti batuk, sesak napas, kelelahan, anosmia, nyeri otot, serta gangguan pencernaan.

Sebuah survei Kantor Statistik Nasional di Inggris mensurvei orang-orang dengan tes Covid-19 positif antara 15 November 2020 dan sixteen Januari 2021. Kemudian sekelompok orang ini menceritakan tentang gejala yang mereka alami dalam tujuh hari sebelum tes. Untuk mengatasinya, Dr Whitford mengatakan ada cara yang masih bisa digunakan untuk mencegah penyebaran varian baru mematikan yang tidak terkendali ini. Ia merasa, pengaturan pembatasan wilayah yang lebih ketat perlu dilakukan lagi untuk mengatasi varian tersebut. Vaksin COVID-19 yang tersedia saat ini dapat memberikan perlindungan terhadap beragam varian virus COVID-19, termasuk varian Delta. Selain itu, virus Corona varian Delta diketahui memiliki kemampuan untuk bereplikasi atau berkembang biak lebih cepat dibandingkan virus Corona biasa.

Bagi kamu yang mengalami gejala berat-kritis, kamu akan menjalani perawatan di HCU/ICU RS Rujukan. REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Public Health England mengungkapkan jenis baru dari virus Covid-19 yang menyebar dengan cepat, telah ditemukan di Inggris. PHE mencatat 16 kasus yang dikonfirmasi sejauh ini terkait varian baru itu. Pakar penyakit menular atau epidemiolog mengatakan virus akan mengalami kecacatan atau mutasi kecil setiap kali berpindah inang.