Pemda Diy Akan Kembali Perpanjang Ppkm Mikro

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan perpanjangan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat hingga 25 Juli 2021. Sementara Ketua Federasi Serikat Pekerja Pariwisata Badung Slamet Suranto memahami kesulitan pemerintah dalam menangani pandemi ini. Namun, kondisi pekerja khususnya pekerja pariwisata, sudah sangat memprihatinkan saat ini. Menurut Ketua Umum Kadin Kota Denpasar I Putu Arnawa, S.E., para pengusaha sudah berusaha berkoordinasi dengan pemerintah. Karena ini merupakan keputusan pusat, harus didukung sepanjang jalur yang ditempuh tidak terlalu berat.

Kemudian transportasi umum maksimal 50 persen dari kapasitas dan kendaraan pribadi diizinkan a hundred persen. Pada Bidang Kesehatan, disebutkan bahwa vaksinasi akan diberikan secara bertahap kepada masyarakat kelompok prioritas yang memenuhi kriteria penerima vaksin Covid 19. Terkait ketersediaan tempat tidur, Jokowi meminta seluruh daerah untuk meningkatkan kapasitas di masing-masing rumah sakit. Ia masih melihat rumah sakit di daerah hanya mendedikasikan tempat tidur bagi pasien corona sampai level 20 persen.

PPKM di perpanjang kembali

Kendati demikian, apabila tidak ada dukungan atau insentif sosial ekonomi kepada masyarakat, pihaknya meminta untuk tidak dipaksakan diperpanjang. Presiden pun mengimbau warga untuk terus disiplin mematuhi protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak. Jokowi menyebutkan, pemerintah terpaksa menerapkan PPKM darurat untuk menekan lonjakan kasus virus corona.

Ketentuan aturan dalam PPKM Mikro periode mendatang, menurut dia, tidak jauh berbeda dengan yang saat ini masih berlangsung. Direktur Center of Economic and Law Studies Bhima Yudhistira mengatakan, pada perpanjangan PPKM kali ini pemerintah akan memberikan kelonggaran. Khusus bagi tamu Pemerintah Aceh, POLDA dan KODAM IM yang tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda haruslah dilakukan pemeriksaan Rapid Test Antigen, oleh masing-masing instansi. Khusus Transkutaradja, jam pengoperasian akan dimulai dari Pukul 06.30 WIB sampai dengan Pukul 20.00 WIB. Kapasitas dari angkutan umum juga sementara akan dibatasi maksimal 50 persen. Para bupati dan wali kota akan memberikan laporan kepada Gubernur tentang Pemberlakuan PPKM Mikro dan pembentukan Posko Tingkat Gampong untuk pengendalian penyebaran Covid 19, serta Pelaksanaan fungsi dari Posko Tingkat Gampong.

Luhut menegaskan bahwa kebijakan perpanjangan maupun penghentian PPKM Darurat belum diputuskan hingga hari ini, Selasa (13/7). Perpanjangan PPKM mikro sudah mencakup penertiban fasilitas umum dan tempat wisata dengan mengatur pengetatan kegiatan masyarakat di sana. Pada daerah yang masuk zona oranye dan merah, tempat wisata akan dilarang beroperasi. “Saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM stage PRAGMATIC PLAY empat dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021,” ujar Jokowi dalam jumpa pers secara virtual, Minggu (25/7). Namun dari tingkat angka kematian, Airlangga mengungkapkan angkanya masih sedikit di atas world, yaitu 2,72% dibandingkan global yang 2,18%.

Perpanjangan PPKM selama satu pekan lagi ini dilakukan karena situasi pandemi Covid-19 belum membaik. Presiden juga mengingatkan seluruh masyarakat untuk selalu waspada akan kemungkinan munculnya varian lain yang lebih menular. Oleh karena itu, Presiden memerintahkan agar pengetesan dan penelusuran bisa ditingkatkan lebih tinggi, diikuti dengan perawatan yang cepat untuk menekan laju penularan dan meningkatkan angka kesembuhan. Meski demikian, Presiden mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam menyikapi tren perbaikan ini dan tetap waspada menghadapi varian delta yang sangat menular.

Lebih lanjut Syafrizal menyebutkan bahwa PPKM mikro masih perlu diperpanjang. Seperti diketahui PPKM mikro mulai dilaksanakan pada tanggal 9 sampai 22 Februari. Kemudian diperpanjang untuk pertama kali pada tanggal tanggal 23 Februari hingga eight Maret.

Dia kemudian merujuk knowledge lonjakan mobilitas masyarakat di tempat wisata sebesar 38,42% selama libur Lebaran 2021 pada Mei 2021 ketimbang periode 5-8 Mei 2021. Menurut Jokowi, kalau kasus positif Covid-19 pada 25 Juli 2021 menurun, maka PPKM Level 4 akan dibuka secara bertahap. “Yang menjadi prioritas juga adalah percepatan vaksinasi, yang saat ini untuk di luar Jawa-Bali persentasenya masih rendah di sekitar 8% – 59%, dengan Kepri yang mencapai 59% sudah divaksin dari total penduduk yang bisa divaksinasi.

KLIKPOSITIF – Pemerintah kembali memperpanjang pelaksanaan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro yang dilaksanakan di seluruh provinsi di Tanah Air. Pelaksanaan PPKM Mikro Tahap X itu diberlakukan mulai dari tanggal 15 hingga 28 Juni 2021, dan di dalam pengaturan pembatasan kegiatan masyarakat harus mempertimbangkan perkembangan zonasi risiko wilayah di masing-masing daerah. JAKARTA, iNews.id – Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat mikro selama dua minggu ke depan. Menkes mengingatkan masyarakat untuk menjaga momentum positif penanganan pandemi melalui penerapan pembatasan kegiatan masyarakat mikro. IDXChannel – Pemerintah memutuskan akan kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat mikro.