Jika Pembukaan Bali Bagi Wisatawan Asing Diundur Lagi, Pengamat

Melihat kondisi ini, Taufan Rahmadi, pakar strategi kreatif pariwisata pun menyatakan keprihatinannya akan nasib pelaku usaha pariwisata di Pulau Dewata. Hingga malam hari, kawasan ini tidak pernah sepi dari aktivitas wisatawan. Keramaian itu dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk menjual berbagai suvenir, menu makanan dan kebutuhan lainnya yang diperlukan wisatawan selama berada di Kuta.

Kita bikin rumput laut ini bercerita dalam berbagai dimensi,” harapnya. Sementara suaminya, Made Jaya sedang mengikat bibit dengan kucuran peluh karena saat itu panas amat terik jelang tengah hari di pesisir Lembongan. “Untung ada rumput laut saat musim Corona ini, kalau tidak, kami tidak makan,” serunya bersyukur. Walau di sisi lain sedang sedih karena harga panen kering turun jadi Rp13 ribu/kg, yang sebelumnya Rp15 ribu/kg. Pandemi COVID-19 membuat Lembongan yang mirip pulau-pulau kecil di Gili-Lombok ini sepi sejak Maret 2020. Melihat kondisi ini, Jessica Iskandar pun berinisiatif mengajak masyarakat Indonesia untuk kembali berwisata ke Pulau Dewata Bali.

Pengguna juga dapat menunjukkan e-card pada Aplikasi LestariDiskon untuk mendapatkan diskon 10-50% di merchant, mulai dari restoran, coffee store, tempat rekreasi, toko trend, spa remedy hingga villa dan hotel. “Fitur ini kami sediakan untuk para pelaku UMKM untuk memudahkan mereka menjangkau pasar yang lebih luas, dimana saat ini para konsumen lebih banyak melakukan pemesanan barang atau makanan dari rumah,” kata Alex. Hingga saat ini, Ekwanto mengatakan pengawasan aturan PPKM dan protokol kesehatan masih bisa dilakukan dengan cukup baik oleh petugas keamanan Malioboro, Jogoboro, karena jumlah pengunjung belum terlalu banyak. Akses jalan menuju Malioboro yang kembali dibuka pekan lalu, lanjut Ekwanto, belum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap meningkatnya aktivitas perekonomian di kawasan tersebut. Pria berusia 23 tahun itu bekerja di jaringan restoran pemenang penghargaan, yang populer di kalangan turis. Dia dipecat ketika epidemi melanda, dan seperti banyak orang di pulau itu, dia tidak dapat menemukan pekerjaan.

Walaupun tidak sebagus tahun sebelumnya, aset BPR Lestari tetap tumbuh positif, dimension bisnis berkembang, kinerja usaha semua group tumbuh positif dan mencatat profit yang signifikan. Karena bank tidak boleh tutup, dengan menerapkan protokol Kakek Merah kesehatan ketat, BPR Lestari tetap beroperasi dengan karyawan dan jam kerja terbatas. Tempat cuci tangan, hand sanitizer nirsentuh, alat pengukur suhu tubuh, wajib pakai masker, menjaga jarak, pembatasan karyawan yang bertugas merupakan aturan dasar yang diterapkan di setiap kantor.

Bali kembali sepi

‘Gak boleh mati gaya, kalau perlu salto bolak-balik ya kudu dijalani’, begitu kebanyakan yang dikatakan para pencari nafkah di Bali di tengah kondisi mendung pariwisata Pulau Dewata ini. Virus ini lebih dahsyat dampaknya dari musibah-musibah sejenis yang pernah dilalui Bali, mulai dari bom Bali, virus SARs , Flu burung hingga erupsi Gunung Agung. Semua relatif bisa dilalui lebih cepat dan recovery-nya juga terbilang lebih mudah. Tapi Covid-19 ini tak tahu sampai kapan, jaga jarak, social distancing, physical distancing 14 hari, berlanjut 2 minggu lagi, lagi dan lagi entah sampai kapan. Seniman, pelukis, penulis dan sutradara film menyinggahi Bali untuk merasakan berkarya dan berlibur di Bali. Mereka menikmati keindahan dan keunikan alam Bali, kemudian turut serta mempromosikan Bali.

Ia melanjutkan, hal ini dengan alasan kesiapan dari para pelaku usaha menerima wisatawan. Khusus destinasi yang sudah ditetapkan di daerah yang saat ini menjadi kawasan untuk Work From Bali . Merdeka.com – Pandemi Corona yang melanda Tanah Air membuat beberapa tempat wisata popular turut terkena imbasnya. Kebijakan penutupan penerbangan dari luar negeri membuat destinasi wisata yang dulu ramai dikunjungi jutaan orang kini sepi. Jika melakukan perjalanan ke Bali dengan transportasi darat dan laut, WAJIB menunjukkan surat keterangan hasil negatif uji PCR atau Rapid Test Antigen yang diterbitkan paling lama 2×24 jam sebelum keberangkatan. Dia mengaku hanya menikmati suasana alam ditepi sungai karena tempatnya masih alami jauh dari kebisingan.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia Denpasar Dr I Gusti Agung Ngurah Anom menyatakan, kapasitas rumah sakit rujukan Covid-19 di Ibu Kota Provinsi Bali itu terbatas. Selain pasien positif, sebagian orang yang suspek dan probableharus dirawat dengan protokol Covid-19 sehingga membuat ranjang rumah sakit penuh. Khusus untuk tes antigen hasil tes dan surat keterangannya bisa kamu dapatkan dalam waktu 1 jam sejak sampel diambil. Sementara untuk tes PCR, tersedia pilihan paket dari 6 jam dan forty eight jam dengan harga yang terjangkau. Liburan ke Bali bagi wisatawan domestik sudah bisa dilakukan lagi sejak 31 Juli 2020 lalu.

“Manajemen hotel saja kencangkan ikat pinggang, imbasnya ke catering karyawan juga. Dulu sehari bisa ratusan karyawan yang dibikinkan catering, sekarang susut cuma belasan,” ujar Dwita. Dengan beberapa mobil yang dimiliki untuk disewakan plus information tour selama ini pemasukan bersih bisa di atas 10 juta sebulan. Ada saja tamu turis yang menyewa mobil dan tour guide-nya belum lagi penjualan tiket pesawat dan tiket mobil journey atau bus antarprovinsi yang juga dilayaninya. Tapi urusan perut kelangsungan hidup keluarga harus terus diperjuangkan.

Beberapa pemasukan datang kembali ketika orang-orang Indonesia yang kaya telah berkunjung lagi ke Bali. Namun, selama pembatasan kunjungan internasional ke Bali tetap ditutup, mesin ekonomi Bali relatif tetap tidak aktif. Sejumlah pemberitaan menyebut pemerintah Indonesia berencana untuk mulai mengizinkan kembali para pelancong internasional mengunjungi Bali pada akhir Juli nanti.

Ida Ayu Harmaita Wijayanti harus memutar otak saat turis menghilang dari Bali sejak pandemi Covid-19 menerjang Indonesia, Maret lalu. Kebaya, tenun, hingga kipas lukis yang biasa dijualnya sebagai cinderamata menumpuk di butik yang berada di Gianyar. Jika kondisi mengharuskan kamu untuk isolasi mandiri di Bali, direkomendasikan banget supaya isoman kamu terpantau oleh tenaga medis!