Faq Program Vaksinasi Covid

Hal ini, kata Gus Yaqut telah tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2021 tertanggal 11 Januari 2021 tentang produk vaksin Covid-19 dari Sinovac Life Science China dan PT Bio Farma. Sedangkan yang terakhir adalah terdapat jaminan keamanan penggunaan terhadap vaksin AstraZeneca tersebut. Kelima, Pemerintah tidak memiliki keleluasan untuk memilih jenis vaksin Covid-19.

Satu sisi, MUI menilai ada persinggungan dengan unsur haram dalam pembuatan vaksin tersebut. Di sisi lain, para pakar menilai persinggungan dengan tripsin babi tidak membuat produk akhirnya mengandung bahan tersebut. Adanya produk hukum yang berbeda itu suatu yang alamiah tidak perlu dipersoalkan atau dibesar-besarkan.

Tim itu mengunjungi pabrik Sinovac di Beijing, Tiongkok dan mengaudit kehalalan vaksin di sana, pada 14 Oktober 2020. Kemudian seluruh dokumen persyaratan untuk mendapatkan sertifikat halal diterima secara lengkap oleh Tim MUI pada Selasa (5/1) melalui surat elektronik. “Artinya vaksin ini boleh digunakan untuk seluruh umat islam selama terjamin keamanannya menurut ahli yang kredibel dan kompeten,” ucapnya. SLEMAN — Auditor Halal LPPOM MUI DIY Ustaz Nanung Danar Dono, turut menyoroti pihak-pihak yang menentang keberadaan vaksin covid-19. Termasuk, spekulasi yang menyebutnya haram karena berasal dari babi dan hoaks-hoaks lain yang beredar.

Produk mikrobial yang digunakan berasal dari mikroba yang ditumbuhkan pada media yang terbuat dari bahan nabati, bahan kimia, dan bahan mineral. Sebelumnya, sempat beredar di tengah masyarakat terkait kabar vaksin Sinovac yang dikembangkan dengan jaringan kera hijau atau vero cell, merkuri, hingga boraks. BPOM RI memastikan vaksin Sinovac aman, BUMN Farmasi Bio Farma juga menegaskan Sinovac tak mengandung bahan berbahaya. “Keamanan produk vaksin akan sangat menentukan mengenai hukum penggunaan vaksin. Ini prinsip dasarnya,” ujar Ketua MUI bidang Fatwa, Asrorun Niam. “Dalam hal ini Komisi Fatwa MUI, yang hasilnya kurang lebih, pertama vaksin ini tidak memanfaatkan intifa.

Vaksin Sinovac babi

Imunisasi dengan dugaan campuran bahan haram, jika vaksin tersebut sudah dicuci dengan bahan kimiawi, maka hukumnya menjadi halal . Sentra Vaksinasi BUMN, menggandeng Grab dan Good Doctor untuk mendukung pelaksanaan program vaksinasi untuk kalangan Parekraf, di Sentra Vaksinasi BUMN, Jakarta. Rizky menambahkan, untuk mencegah penyebaran hoaks, perlu ada edukasi di masyarakat. Jika ada orang tua yang percaya berita palsu seputar corona, maka remajalah yang mengingatkannya.