Berani Melanjutkan Kuliah S2 Sambil Bekerja?

Dengan cara itu, Brian bisa memantau tugas atau pekerjaan apa saja yang belum selesai. Meski dalam seminggu bisa mengedit 2-3 video, Brian tetap memprioritaskan kuliahnya. Brian, demikian dia disapa, merupakan editor di saluran YouTube, Korea Reomit. Dia memiliki cerita dan tips tersendiri untuk mengimbangi rutinitas kuliah dengan pekerjaannya. Sebuah artikel yang dipublikasikan oleh Harvard Extension School menunjukkan penelitian yang dilakukan oleh Georgetown University .

Tinggal di kampus juga merupakan hal yang baik untuk mencari teman sekelas anda dan menghadiri kelas bersama. Ini merupakan salah satu waktu yang paling penting di kampus bagi mahasiswa baru. Di minggu pertama anda, beberapa keputusan yang anda ambil bisa memiliki pengaruh yang penting yang penting dalam kehidupan kampus anda. Berhati-hatilah dengan hal-hal yang anda lakukan di minggu pertama.

Mahasiswa di sini dapat tiket transportasi umum gratis, jadi saya tidak perlu pengeluaran untuk ongkos bus atau kereta. Makanya saya pilih tempat tinggal yang tipenya “Wohngemeinschaft”, yakni dimana penghuni menggunakan dapur, toilet dan kamar mandi bersama-sama, tapi memiliki kamar tidur sendiri-sendiri. Bagi saya ini bagus karena saya masih punya area privat, sementara space bersama seperti dapur bisa digunakan untuk berinteraksi dengan mahasiswa lain. Pepatah ini lebih merupakan perumpamaan tentang betapa pentingnya waktu, karena waktu selalu berjalan tanpa kompromi, dan waktu yang telah berlalu tak pernah akan kembali.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Tetapi sebaiknya kita harus bergerak dari zona nyaman untuk tetap menjadi pribadi yang bisa diandalkan. Kerja sampingan mahasiswa bukanlah suatu hal yang mustahil di period ini. Ketatnya persaingan menuntut masa muda kita untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kita harus berpikir kritis dan bekerja ekstra demi masa depan yang lebih terarah. Saat berada di dalam kelas, serap materi pelajaran yang diberikan dosen agar waktu belajar kita menjadi efektif. Akan ada kalanya juga kita perlu belajar secara berkelompok, agar bisa saling tukar ilmu dengan teman sekelas.

Meskipun tampaknya konsekuensi yang harus dijalani begitu berat, namun tetap tidak menyurutkan semangat banyak orang untuk kuliah sambil kerja. Karena semua itu semata-mata demi cita-cita serta pengembangan kualitas pribadi. Selain itu banyak pula kelebihan yang dimiliki mereka yang kuliah sambil kerja. Selain pendidikan yang lebih tinggi, soal pengalaman kerja pun tidak usah diragukan lagi, sehingga lebih mudah mencari pekerjaan baru yang lebih baik. Tantangan dan kesulitan pun tidak lagi dirasa berat apalagi bagi mereka yang berprinsip kesuksesan akan dicapai melalui kerja keras dan pengorbanan.