Vaksin Mandiri, Vaksinasi Covid

Program vaksin mandiri hanya bisa dibuka jika seluruh masyarakat yang menjadi target vaksinasi free of charge sudah mendapatkan suntikan vaksin. Untuk saat ini, keterlibatan swasta dalam program vaksinasi dibutuhkan, namun bukan dalam rangka untuk mendapatkan prioritas. Untuk perusahaan swasta yang ingin mengikuti program vaksinasi gotong royong dapat mendaftar melalui situs resmi yang dibuat Kamar Dagang dan Industri Indonesia yakni vaksin.kadin.id. JAKARTA – Pemerintah terus mendorong percepatan program vaksinasi nasional melalui vaksinasi jalur mandiri atau gotong royong. Untuk mendukung percepatan, pemerintah melalui Bio Farma menyiapkan fasilitas pelayanan kesehatan untuk melakukan vaksinasi gotong royong.

Bagaimana cara mendapatkan vaksin mandiri

“Kami pelajari dulu dan tanyakan ke pelaku UMKM lain, karena memang kami juga belum bisa ambil keputusan,” terangnya. Indocement adalah salah satu dari 18 perusahaan di Indonesia yang mendapatkan jatah vaksin COVID-19 tahap pertama dalam Program Vaksinasi Gotong Royong. Indocement telah mendaftarkan seluruh karyawannya sejak awal Program Vaksinasi Mandiri dibuka yaitu sekitar awal Februari 2021. Hal senada diutarakan Direktur Utama PT Pertamina Bina Medika IHC, Fathema Djan Rachmat. Menurutnya, seventy one rumah sakit BUMN yang disiapkan dan 64 di antaranya yang sudah siap, hanya bisa melayani 300 orang per hari. Sedangkan, klinik milik BUMN yang disiapkan ada 143 outlet dengan 129 outlet yang sudah siap, bisa melayani 100 orang per hari.

“Kami, diberikan tanggung jawab untuk membantu 20 juta vaksin dari complete yang pemerintah berikan yaitu 175 juta vaksin,” kata dia. Kadin bekerja sama dengan Biofarma dan ratusan rumah sakit swasta di penjuru Indonesia untuk menyukseskan program itu. Setelah mendaftar, peserta yang ingin melakukan vaksin corona secara mandiri secara otomatis dianggap sudah melakukan pemesanan awal alias pre-order atas vaksin corona.

Perencanaan vaksinasi yang dulunya disebut vaksinasi mandiri ini sudah dicanangkan pemerintah sejak Januari 2021. “Kalau dana sendiri belum tahu juga, usaha lagi pandemi gini juga merosot. Jadi belum terpikir mau ikut vaksin gotong royong,” jelas pemilik UMKM Omah Cinta, Tri Indah. Vaksinasi massal di Jawa Barat kini sudah masuk pada kategori masyarakat umum dengan vaksinasi mandiri. Vaksinasi mandiri perdana di Jawa Barat dijadwalkan dilaksanakan kepada karyawan PT Unilever Indonesia di Bekasi hari ini. (“Indocement”) memulai program vaksinasi tahap pertama COVID-19 untuk karyawannya sebagai bagian dari penyelenggaraan gerakan Vaksinasi Mandiri atau disebut juga Program Vaksin Gotong Royong. Ini penting sekali, sebab information vaksin pemerintah dan vaksin mandiri akan berkumpul jadi satu,” katanya.

“Tapi kami masih negosiasi untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau bagi perusahaan,” ujar Honesti. Terkait harga vaksin yang dijual ke perusahaan, Honesti Basyir selaku Direktur Utama PT Bio Farma mengatakan bahwa PT Bio Farma masih melakukan negosiasi dengan produsen vaksin agar mendapatkan harga terendah. Lalu “silakan scan dan masuk ruang tunggu. Setelah itu akan disuntik,” papar Soleh. Proses berikutnya adalah in form consent, yakni ketika seseorang dinyatakan layak menerima vaksin, maka dua jam sebelum proses penyuntikan, pemerintah akan mengirim notifikasi.

Tetapi, pihak penyelenggara masih menanti izin darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan serta fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia . Proses importasi sendiri akan dilakukan oleh PT Bio Farma dan PT Kimia Farma Tbk. Rosan mengatakan terdapat peluang bertambahnya perusahaan pengimpor seiring dengan perkembangan program vaksin mandiri. Para tenaga kesehatan juga dapat mengecek nama mereka di situs pedulilindungi.id. Jika belum terdaftar, sasaran diminta segera mengajukan program vaksinasi dengan mengirimkan knowledge diri ke email

Rencana pemerintah untuk menyelesaikan vaksinasi dalam satu tahun ditanggapi pihak swasta. Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla melontarkan usulan agar pemerintah membuka opsi vaksinasi mandiri. Ketua Umum Palang Merah Indonesia tersebut mengatakan, vaksinasi secara mandiri dapat mempercepat langkah pemerintah mencapai goal penyuntikkan terhadap 70 persen masyarakat. Vaksinasi mandiri yang dimaksud JK, demikian nama populernya, adalah vaksin yang dilakukan dengan cara membayar. Kebutuhan vaksin untuk warga berusia di atas 18 tahun sebanyak 188 juta orang.

Sprinter Lalu Muhammad Zohri yang menjadi salah satu atlet penerima vaksin, mengaku tak pernah ragu untuk divaksin. Tapi biasa saja, tidak takut,” kata Zohri di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta. Kiai Ma’ruf mengatakan, jumlah vaksinator serta tempat vaksinasi juga terus ditambah.