Sri Lanka Tetap Buka Koridor Pariwisata Untuk Turis Asing Meski Ada  Lonjakan Covid

Di Lembah Maira di Alpen Italia barat, dekat perbatasan dengan Prancis, dokter mendatangi rumah ke rumah untuk memberi suntikan COVID-19 kepada penduduk yang berusia lebih dari 80 tahun. Ketika tingkat vaksinasi meningkat dan musim panas semakin dekat, para wisatawan yang telah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 masih harus bersabar untuk menentukan destinasi berlibur di Eropa musim panas ini. Sudah akan setahun lamanya penutupan berbagai perbatasan negara dunia karena pandemi COVID-19. Negara-negara dari berbagai benua ini masih menutup diri dari turis, termasuk Indonesia. “Tidak akan ada pembukaan penerbangan secara keseluruhan dalam waktu dekat karena krisis global masih berlangsung, tetapi pengaturan dapat dibuat untuk perjalanan asing tertentu,” ujar Taweesin pada Reuters.

Meskipun “journey bubble” pertama dengan Selandia Baru sudah ada, Pemerintah Australia belum merilis pernyataan resmi lebih lanjut mengenai pembukaan perbatasan internasional. Hanya warga negara Australia, penduduk, anggota keluarga dekat, dan pengunjung dari Selandia Baru yang dapat melakukan perjalanan ke Australia. Prayuth menambahkan bahwa negara itu berencana untuk memberikan rata-rata 10 juta suntikan vaksin virus corona setiap bulan, mulai Juli dan seterusnya. Program vaksinasi itu tidak lepas dari agenda Bangkok untuk membuka kembali pintunya bagi pelancong yang divaksinasi penuh, lokal dan asing, tanpa persyaratan karantina.

Selama beberapa bulan terakhir, negara-negara di Eropa melakukan pembatasan terhadap wisatawan dunia yang ingin memasuki negaranya. Tentu saja dengan mematuhi protokol kesehatan yang akan dijalankan oleh masing-masing negara. Dilansir dari cnn.com, berikut beberapa destinasi wisata internasional yang akan segera buka.

Organisasi Kesehatan Dunia pun mengingatkan terutama bagi para pelancong untuk waspada Covid-19 dimanapun dan kapanpun. Juru Bicara WHO Margaret Harris mendesak orang-orang untuk tetap waspada. Namun, para pelancong mungkin akan kesulitan mendapatkan sertifikat bebas virus mengingat terbatasnya tes dan penerbangan ke Thailand akibat pandemi yang telah menghentikan penerbangan secara global.

Banyak negara yang belum buka untuk turis

Wisatawan yang memasuki Daratan China harus menjalani tes COVID-19 wajib pada saat kedatangan dan karantina 14 hari dengan biaya sendiri. Untuk menyatukan kembali keluarga dan mendukung bisnis yang bergantung pada pariwisata, Australia telah membentuk journey bubble dengan Selandia Baru. Siapa pun yang telah berada di Selandia Baru atau Australia setidaknya selama 14 hari dapat melakukan perjalanan antara kedua negara ini tanpa karantina, dan tanpa perlu mengajukan permohonan pengecualian perjalanan.

Qatar merupakan negara yang paling banyak penduduk yang sudah divaksinasi di dunia, sixty five,9 persen penduduk telah menerima setidaknya satu dosis vaksin, dan 55,1 persen dianggap sepenuhnya divaksinasi. Minggu lalu, Jerman mengumumkan pelonggaran corona bagi mereka yang berlibur ke Yunani. Turis dari Yunani yang telah divaksinasi penuh atau memiliki tes COVID-19 negatif atau Kong Slot sertifikat pemulihan penuh dari penyakit itu, tidak lagi harus dikarantina di Jerman sekembalinya dari liburan. Vietnam menangguhkan semua penerbangan komersial dari dan ke China, serta berhenti mengeluarkan visa untuk wisatawan China pada Februari setelah kasus pertama terdeteksi di negara itu. Namun, Uzbekistan hanya membuka kunjungan bagi turis yang berasal dari negara yang berisiko rendah.