Pemerintah Akan Kembali Berlakukan Psbb Ketat Di Jawa Dan Bali

Saat awal Covid-19 di Maret 2020, okupansi keterisian kamar hotel mencapai 0% alias kosong sama sekali. Seorang pengusaha pariwisata Bali berujar, lebih dari Rp 10 milliar uang tabungannya sudah dikeluarkan demi menjaga denyut usaha lodge dan restoran selama sepuluh bulan terakhir. Sam Huang, professor ekonomi dari Edith Cowan University di Australia Barat mengatakan memburuknya ekonomi di sektor pariwisata tidaklah terjadi di Bali saja. Bali selama bertahun-tahun semakin populer untuk menggelar acara pernikahan, namun sejak adanya virus corona membuat banyak yang membatalkan rencana pesta pernikahan mereka. Pertanian darat atau nelayan menurutnya tak mungkin bisa digarap karena lahan menyempit dan melaut perlu keahlian khusus.

Sebab pandemi telah membuat Bali menjadi sepi, dan mengusahaka agar wisawatan dapat kembali datang ke Bali. Lintasan lari dan jalan di belakang lodge yang menjorok ke Pantai Kuta juga tidak dipenuhi banyak orang. Bali–sama seperti daerah-daerah wisata lainnya di Indonesia–menghadapi masalah serius.

Selain itu, tingkat keterisian tempat tidur di ruang isolasi dan unit perawatan intensif untuk pasien Covid-19 di atas 70 persen. “Karena dari survei yang kita lakukan sekarang ini motivasi disiplin terhadap protokol kesehatan masyarakat itu berkurang. Pada 7 Desember 2020 Indonesia menerima 1,2 juta dosis vaksin Sinovac buatan Cina.

Para ahli penyakit menular telah memperingatkan kesenjangan yang mengancam untuk menciptakan hotspot COVID-19 baru pada saat rumah sakit di Bali sudah memiliki kapasitas. Pada hari Jumat, pulau itu melaporkan 1.365 kasus baru dan 37 kematian. Tetapi pembelajaran jarak jauh sulit bagi banyak keluarga, kata Barry, dan orang tua jarang dapat membantu karena mereka tidak memiliki akses internet karena mereka sendiri tidak berpendidikan.

Kabar Pasien Covid-19, Salamat Sianipar yang dikeroyok warga sekampung di Desa Sianipar Bulu Silape, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba berakhir tragis. Salman mengaku bahwa dagangannya selalu ludes dibeli oleh warga yang tengah menunggu vaksinasi. “Dari 1.146 kasus positif Covid-10 yang terkonfirmasi hari ini, penambahan kasus di Kota Denpasar sebanyak 383 orang,” kata kata Dwa Made. DPW PKB Jatim tampaknya tak akan tinggal diam dengan perlakuan yang dialami keluarga KD yang dilabrak orang tua penyanyi dangdut Ayu Tingting. Pandemi Covid-19 yang terjadi dalam 1,5 tahun terakhir membuat pelaku wisata di Pantai Balongan Indah Kabupaten Indramayu kesulitan untuk bertahan hidup.

Menurut information dari Badan Pariwisata Dunia di tahun 2018, sekitar 12 juta warga Indonesia menggantungkan diri pada sektor pariwsata, dengan mayoritas diantara mereka tinggal di Bali. Tidak banyak tempat di dunia ini seperti Bali dimana hampir semua penduduknya menggantungkan diri dari industri pariwisata. Tahun lalu, ia sedih melihat laut Lembongan yang pernah menghasilkan milyaran rupiah menjadi nol. “Ikan saja sangat sulit didapatkan, bagaimana Lembongan bercerita seperti dulu lagi.

Bali dibuka kembali untuk turis internasional pada akhir Juli, tapi itu sebelum varian Delta tiba. Varian COVID-19 yang sangat menular telah bertiup dengan kecepatan bencana di seluruh Indonesia – tidak terkecuali Polly. Klungkung kesadaran masyarakat akan penyebaran covid-19 agak kurang. Restoran Sendok di Kuta yang tutup dengan jalan di sekitarnya sepi. Masukan alamat email Kakek Merah Anda untuk berlangganan berita di bali ekbis. Anda akan menerima pemberitahuan berita-berita terupdate melalui alamat e mail.

Bali kembali sepi

Mengandalkan pariwisata sebagai sektor unggulan, Bali menjadi provinsi yang paling menderita akibat virus corona di Indonesia. Pada kuartal kedua 2020, saat pertumbuhan ekonomi nasional minus 5,32%, produk domestik bruto Bali merosot hingga – 10,98% dibanding periode yang sama tahun lalu. Indonesia telah resmi ditutup untuk turis asing sejak awal pandemi. Namun dalam 12 bulan terakhir, ratusan ribu orang dari Rusia, Eropa, dan Amerika telah berhasil masuk ke negara itu dengan visa sosial atau bisnis yang dikeluarkan di kedutaan Indonesia di luar negeri.

Sama seperti pengusaha pariwisata di Bali, Raka sempat kebingungan dengan semakin menurunnya jumlah wisatawan. Apalagi, usaha wisata yang dibangunnya harus tutup akibat badai pandemi. Meski begitu, Made Raka tak menyerah, dan mulai melirik peluang usaha di bidang lain. Setelah didera pandemi selama tujuh bulan lebih, pelaku usaha dan pekerja pariwisata pun kian beradaptasi. Memasuki bulan kedelapan seusai merebaknya Covid-19, Indonesia sudah kembali bersiap untuk langkah-langkah strategis pemulihan ekonomi negara, salah satunya dengan membangkitkan sektor pariwisata.

Ia menerangkan, anjloknya okupansi resort di Bali tak lepas dari jumlah kedatangan wisatawan domestik yang hanya berjumlah sekitar 1.000 orang ke Bali dalam sehari. Surat Edaran Gubernur Nomor 2021 Tahun 2020 itu mendapat banyak kritik dari sejumlah pihak, termasuk pelaku pariwisata karena dinilai membebani masyarakat yang akan mengunjungi Bali. Menurut Koster, berlakunya kebijakan tersebut merupakan arahan yang tidak bisa ditawar dari pemerintah pusat. [newline]Sebelumnya setiap orang yang datang ke Bali bisa memilih menggunakan hasil negatif tes RT-PCR atau hasil negatif tes fast check Antigen. Sekarang, semua penumpang pesawat terbang yang datang ke Bali wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif PCR yang sampelnya diambil setidaknya 2 x 24 jam sebelum keberangkatan. Menurutnya, tren melemahnya harga jual ayam pedaging di tingkat peternak sebagai dampak jumlah populasi atau produksi di kalangan pabrikan yang terus meningkat di tengah merosotnya permintaan pasar saat ini. “Selama ini sudah cukup banyak modal uang dipakai untuk usaha, namun itu tidak menutup hasil penjualan ayam,” ujarnya.