Luhut Jawab Tudingan Penanganan Covid

Dalam analisis outlook ekonomi yang dilakukan UNPAD, pertumbuhan ekonomi Jawa Barat bahkan bisa turun lebih besar dari nasional menjadi antara -2.1% dan 0.6% . Sebagai dampaknya, berbagai agenda pembangunan seperti pengentasan kemiskinan dan peningkatan IPM akan mengalami gangguan serius. Pengangguran diprediksi akan meningkat dari 8% di tahun 2019 menjadi 12% dalam skenario terparah. Mayoritas masyarakat percaya bahwa angka kemiskinan dan pengangguran melonjak signifikan pasca pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Indonesia gagal dalam menangani Covid

Tidak adil jika masyarakat dapat menyimpulkan gagal tidaknya kebijakan tersebut dilihat hari ini. Senada dengan apa yang disampaikan Menko PMK, Ketua Umum Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia Tony Samosir berharap pemerintah dapat memberikan perhatian terhadap pelayanan kesehatan dasar, khususnya para pejuang cuci darah yang menderita gagal ginjal. “Jadi, tiga fakta ini saja sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk mengatakan negara gagal melindungi rakyatnya,” lanjutnya.

Kali ini ‘lawan’ pemerintah adalah virus yang terus berkembang dan untuk itu diperlukan pendekatan yang sesuai untuk mengatasinya. Mendapatkan knowledge simpanan nasabah, data kesehatan financial institution, laporan keuangan financial institution, dan laporan hasil pemeriksaan bank sepanjang tidak melanggar kerahasiaan financial institution. “Banyak orang yang seharusnya mendapatkan layanan ruang isolasi khusus, tetapi tidak mendapatkan akses. Sehingga, tidak mengejutkan tiba-tiba kita mendapati fakta, berdasarkan data dari LaporCovid-19, 265 pasien isolasi mandiri meninggal dunia,” ungkap Herlambang. Didik menyebut, sebagai wakil rakyat sudah menjadi kewajiban untuk terus mengingatkan pemerintah agar tepat, cepat dan utuh dalam menangani Covid-19 ini.

“Pemerintah, termasuk BPK dan DPR, perlu melibatkan publik lebih banyak dalam penentuan serta pelaporan kinerja penganggaran selama pandemi Covid-19,” pungkas Misbah. Sementara itu, peneliti International Budget Partnership Dede Krishnadianty menilai pengelolaan anggaran program Link Kong4D pemulihan ekonomi nasional tidak kredibel. “Pemerintah jarang mencari masukan dari publik, terutama dari masyarakat yang paling terdampak dari pandemi ini,” jelas Misbah. Pemberlakuan PSBB Ketat, kata Mufida sudah sangat mendesak di wilayah Jakarta dan Jawa Barat.

“Usul saya hanya satu, Presiden pimpin langsung penanganan pandemi,” kata Pandu. JAKARTA- Ketua badan pemenang pemilu Partai Demokrat, Andi Arief mengkritisi pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 yang semakin mengganas di tanah air. Terkait keputusan penanganan Covid-19, Luhut berujar jika kebijakan yang diambil untuk menangani pandemi, diputuskan bersama dalam rapat kabinet. Dalam dua-tiga pekan setelah pemberlakuan PPKM Darurat, pandemi mulai mereda. JAKARTA – Dalam cuitannya, Senin, 5 Juli, Presiden Joko Widodo meminta masyarakat untuk tetap di rumah dan menjauhi kerumunan.

Ketiga, memfokuskan perhatian untuk mematangkan masalah, bukan untuk mengurangi stres. Keempat, memberikan pekerjaan yang sesuai dengan kapabilitas masing-masing individu. Kelima, meski kritik sangat diperlukan, namun perlu dijaga agar tidak membuat downside semakin kompleks . Masalah teknis adalah masalah yang nyata di depan mata dan dapat dirumuskan strateginya untuk menentukan output yang sesuai keinginan. Pekerjaan ini biasanya dapat diselesaikan oleh seseorang yang memiliki keahlian di bidang tertentu atau seorang teknokrat. Sedangkan masalah adaptif, tidak memiliki kepastian dan tidak dapat diprediksi.

Untuk mencegah terjadinya kegagalan tersebut, sistem pengawasan dan kebijakan perbankan yang efektif haruslah ditegakkan. Selain itu, disiplin pasar melalui kewenangan dalam pengawasan dan pembuat kebijakan serta penegakan hukum harus dijalankan. Bukti yang ada menunjukkan bahwa negara-negara yang menerapkan disiplin pasar, memiliki stabilitas sistem keuangan yang kokoh. Sementara itu, upaya penegakan hukum dimaksudkan untuk melindungi perbankan dan stakeholder serta sekaligus mendorong kepercayaan terhadap sistem keuangan. Untuk menciptakan stabilitas di sektor perbankan secara berkelanjutan, Bank Indonesia telah menyusun Arsitektur Perbankan Indonesia dan rencana implementasi Basel II.

Selain itu bantuan-bantuan sosial ekstra yang dilakukan pemerintah daerah bisa juga disalurkan dengan menyelaraskan pembelian produk-produk kebutuhan pokok yang diproduksi sentra-sentra pertanian di sekitarnya. Pertama, resiko terpapar virus Korona di sektor pertanian dan pedesaan tidak bisa diabaikan. Betul bahwa dalam aktivitas produksinya, karena tidak seperti sektor lain, dilakukan di luar ruangan, dalam lahan yang relatif luas, dan di area berkepadatan rendah. Petani, misalnya, umurnya berada rata-rata di kisaran pra-lansia dan lansia, 45-60an tahun. Sehingga mereka merupakan kelompok yang rentan dan beresiko jika terpapar virus Covid-19.

Namun, usulan tersebut tidak dilakukan karena pemerintah tidak punya cukup dana jika kebijakan tersebut diambil untuk mengatasi pandemi. Jerry mencontohkan, semua langkah yang diambil pemerintah, seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat, Mikro, dan sebagainya terbukti gagal menahan laju pertambaham pasien Covid-19. E-Tilang adalah layanan informasi denda tilang untuk pelanggar lalu lintas sebelum mengambil barang bukti di Kejaksaan Negeri.

Bank Dunia resmi mengumumkan bahwa Indonesia masuk kategori negara lower-middle earnings atau negara dengan penghasilan menengah ke bawah. Asesmen Bank Dunia per 1 Juli 2021 menyatakan pendapatan nasional bruto (gross national income/GNI) per kapita Indonesia tahun 2020 turun menjadi USD three.870. “Seberapa baik perencanaan dan seberapa serius penanganan yang dilakukan oleh pemerintah, tanpa adanya partisipasi pengawasan masyarakat termasuk yang disampaikan Mas Ibas tidak akam mungkin bisa utuh dan tuntas,” sambungnya. Menurut dia, politikus dan wakil rakyat bukan hanya mengaksentuasi situasi dan kondisi bangsa dari ruang rapat saja.