Ibas Khawatir Indonesia Disebut Negara Gagal Tangani Covid

Secara nasional, Indonesia memasuki era bonus demografi sejak 2012 dan diprediksi berakhir tahun 2037. Bonus demografi adalah periode saat tanggungan one hundred penduduk produktif terhadap penduduk tidak produktif suatu negara dibawah 50. Artinya, one hundred penduduk produktif hanya menanggung beban kurang dari 50 orang. Sepanjang paruh pertama tahun ini, angka gagal bayar obligasi korporasi trennya cukup beragam. Merujuk data dari PT Pemeringkat Efek Indonesia , tingkat gagal bayar institusi keuangan bergerak flat di stage zero,10%.

Para pihak dengan bantuan mediator besertifikat yang berhasil menyelesaikan sengketa di luar pengadilan dengan kesepakatan perdamaian dapat mengajukan kesepakatan perdamaian tersebut ke pengadilan yang berwenang untuk memperoleh akta perdamaian dengan cara mengajukan gugatan. Upaya perdamaian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 dilaksanakan di pengadilan yang mengadili perkara tersebut di tingkat pertama atau di tempat lain atas persetujuan para pihak. Jika para pihak tidak menghendaki kesepakatan perdamaian dikuatkan dalam bentuk akta perdamaian, kesepakatan perdamaian harus memuat klausula pencabutan gugatan dan atau klausula yang menyatakan perkara telah selesai. Sebelum para pihak menandatangani kesepakatan, mediator memeriksa materi kesepakatan perdamaian untuk menghindari ada kesepakatan yang bertentangan dengan hukum atau yang tidak dapat dilaksanakan atau yang memuat iktikad tidak baik.

Sebanyak 18,9 persen warga tak puas karena mensinyalir terjadinya praktik korupsi dalam penyaluran dana bantuan sosial oleh pemerintah. Sebanyak 19,8 persen responden yang tidak puas atas langkah pemerintah atasi isu pengangguran beralasan, pilihannya muncul karena PSBB mengakibatkan mereka sulit bekerja dan mendapat pekerjaan. Kemudian, 15,2 persen mengaku kesulitan mendapat kerja akibat pandemi Covid-19. Misbah mengakui bahwa pemerintah sudah membuat dashboard informasi penanganan Covid-19 melalui laman kemenkeu.go.id/covid-19. Meski laman ini memuat berbagai kebijakan dan anggaran Covid-19, namun informasi yang disampaikan kurang replace.

Yang lebih spesifik adalah dalam menyalurkan produksi pertanian dari sentra-sentra produksi di pedesaan ke masyarakat terutama di perkotaan dan target-target pasar lainnya. Operasi pasar, melalui pembelian langsung produk-produk pertanian nampaknya bukan sesuatu yang diharamkan dalam kondisi seperti ini. Akan tetapi adanya stimulus fiskal dampak pandemi Covid sebesar 405 triliun rupiah yang sebagian didanai oleh defisit anggaran 5.07% dari PDB adalah salah satu sumber pembiayaan. Alokasi sebagian dari dana itu ke petani secara ekonomi dan ethical adalah sesuatu yang dapat dijustifikasi. Kongkritnya, dan supaya lebih ekplisit, disarankan ada dana khusus stimulus fiskal sektor pertanian.

Indonesia gagal dalam menangani Covid

Dalam konteks wabah COVID-19, konsep adaptive governance berkelindan dengan harapan dari masyarakat serta berbagai pemangku kepentingan. Ketidakpastian yang dihadapi menuntut kemampuan pemerintah untuk menyeimbangkan berbagai kepentingan yang ada di masyarakat dan menentukan kebijakan berdasarkan pengamatan yang cermat. Kepentingan satu kelompok masyarakat, bisa jadi, beririsan dengan kepentingan kelompok lain atau kepentingan nasional . Oleh karena itu, COVID-19 merupakan ancaman tersendiri bagi pemerintah Indonesia karena tidak dapat menyeimbangkan antara mendorong aktivitas perekonomian dan kesehatan publik .

Ia mengatakan masyarakat tak semestinya disalahkan karena tidak taat protokol kesehatan. Pemerintah menargetkan kebijakan PPKM Darurat yang berlaku mulai 3 hingga 20 Juli ini bisa mengurangi kasus harian di bawah 10 ribu per hari. Sementara itu, polemik kritikan Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono yang Agen PAY4D Terpercaya menyoroti penanganan Covid-19 di Indonesia menjadi pro dan kontra di masyarakat. “Bagaimana mungkin tabung oksigen disumbangkan ke negara lain, tapi saat rakyat sendiri membutuhkan, barangnya susah didapat,” kata Ibas. Jumlah pasien yang masih mendapat perawatan di Wisma Atlet Kemayoran mencapai 2.474 orang dari semula 2.544 orang.

Syarat dan ketentuan layanan antar barang jaminan lunas ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan proses serah terima barang jaminan lunas antara Pegadaian dan nasabah. Calon nasabah wajib untuk membayar biaya kurir sesuai tarif tagihan, memotret barang yang akan dijadikan jaminan, memotret serah terima barang tersebut dengan kurir, dan mengupload potret barang tersebut di aplikasi Pegadaian. Skema ini mengharuskan penunjukkan Appointed Cross Currency Dealers, yaitu financial institution untuk memfasilitasi pelaksanaan LCS melalui pembukaan rekening mata uang negara mitra di negaranya. LCS ACCD dilakukan untuk mendorong penggunaan mata uang lokal secara lebih luas dalam penyelesaian perdagangan, sehingga mengurangi tekanan Dolar AS terhadap mata uang lokal. Kedua hal ini menjadi penting untuk memastikan efektifitas dalam penerapan kebijakan PSBB di tingkat lapangan, sehingga dapat mencegah penyebaran dan penularan covid-19 ke wilayah yang lebih luas.