Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat

Di Kudus, IDI mengungkapkan, seorang dokter senior meninggal, meskipun diketahui dokter itu memiliki penyakit penyerta . Menurut information LaporCOVID-19, setidaknya lima dokter dan satu perawat telah meninggal meskipun telah divaksinasI. Kini petugas medis yang telah disuntik dosis pertama Sinovac, akan dilanjutkan dengan dosis kedua vaksin AstraZeneca. Para nakes juga mendapatkan prioritas pertama untuk vaksinasi dosis pertama dan kedua. Program vaksinasi nakes ini sejalan dengan penurunan angka kematian nakes. “Data kami dari Februari 23 persen dokter yang meninggal sudah divaksin. Jadi dari sixty one orang dokter itu, yang sudah divaksin baru 14, yang lain belum,” kata Adib, dikutip dari CNNIndonesia.

Nakes banyak yang terkena covid

Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon, Hj Enny Suhaeni, mengatakan, vaksinasi Covid-19 dosis ketiga akan dilaksanakan untuk nakes terlebih dahulu. Mengingat, nakes merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Sehingga kesehatan berupa perlindungan dari paparan Covid-19 juga harus diutamakan.

“Banyaknya nakes yang terpapar COVID-19 membuat penanganan pasien COVID-19 jadi agak menurun,” kata dia. Pertimbangan lainnya adalah lokasi lodge Casino Online yang dipilih berdekatan dengan rumah sakit. Dengan begitu, para nakes bisa mudah mobilisasi dari RS ke tempat singgah.

Tekanan mental dan pola hidup tidak sehat dapat menurunkan efektivitas vaksin . Namun, ada catatan penting yang diselipkan WHO dalam pernyataannya itu. Dikatakan di sana, penularan virus corona COVID-19 melalui udara mungkin terjadi ketika melakukan prosedur pendukung yang menghasilkan aerosol.

Penambahan tempat tidur atau Bed Occupancy Rate di rumah sakit akibat ledakan kasus Covid-19 sejak libur lebaran tidak dibarengi oleh tambahan nakes yang kompeten. “Mereka kadang-kadang begitu positif, istirahat mungkin belum sampai dua minggu, begitu negatif mereka sudah diminta untuk masuk kembali karena tidak ada tenaga yang cukup untuk melayani pasien,” kata Lia. Ia menuturkan, penambahan jumlah tempat tidur menyebabkan jam kerja tenaga kesehatan ikut bertambah dan berpengaruh pada imunitas mereka. Data Ikatan Dokter Indonesia menunjukkan ada 61 dokter yang wafat akibat Covid-19 di rentang Februari hingga Mei 2021. Jadi dari 61 orang dokter tersebut, yang sudah divaksin baru 14 orang. Diakui Hartopo, lonjakan kasus COVID-19 berawal dari pemudik yang pulang ke Kudus.