Akhirnya, Mui Pastikan Vaksin Corona Sinovac Suci Dan Halal

Penny menambahkan bahwa BPOM juga akan memberikan informasi terkait izin emergenzy use authorization vaksin kepada MUI dalam waktu dekat. Sebelumnya, Penny memastikan bahwa izin EUA vaksin Covid-19 Sinovac akan dikeluarkan sebelum 13 Januari 2021, tanggal yang direncanakan Pemerintah untuk melakukan vaksinasi pertama. Ma’ruf mengatakan fatwa Majelis Ulama Indonesia bisa memperbolehkan vaksinasi meski suatu vaksin mengandung unsur haram. Dewan menambahkan bahwa dalam kasus ini, gelatin babi dianggap sebagai obat, bukan makanan, dengan berbagai vaksin yang sudah terbukti efektif melawan virus yang sangat menular yang menimbulkan risiko bagi seluruh masyarakat. Untuk itu, hal ini pun perlu didorong agar Pemerintah tetap berupaya menyediakan vaksin COVID-19 yang aman, berkualitas, memiliki efektivitas, halal, serta suci.

Pemerintah dan rakyat tak perlu repot-repot menunggu MUI mengeluarkan fatwa halal untuk vaksin covid-19. Sementara itu, BPOM segera menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization vaksin covid-19. Evaluasi hasil uji klinis fase three di Bandung, Jawa Barat, sudah tahap akhir. BPOM mengatakan akan mengambil information uji klinis di Brazil dan Turki, serta hasil uji coba sendiri sebelum mengeluarkan izin penggunaan vaksin tersebut. Majelis Ulama Indonesia , Jumat (8/1), mengeluarkan fatwa terkait penggunaan vaksin Covid-19 asal China, Sinovac. Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta agar masyarakat sabar menanti proses vaksinasi Covid-19, yang akan dimulai dalam waktu dekat.

Adapun pelayanan satu atap tersebut dinilai dapat memberikan kemudahan dalam proses sertifikasi halal, pemodalan, dan fasilitas lainnya. Wakil Presiden Ma’ruf Amin lantas menjelaskan bahwa sertifikasi halal dapat dikembangkan salah satunya dengan cara memberikan pelayanan satu atap yang terintegrasi. Kendati demikian, Nadia mengatakan, distribusi vaksin Covid-19 Astrazeneca batch CTMAV547 masih ditunda. Sebab, Kemenkes masih menunggu pengujian sterilitas, toksisitas, dan keamanan, yang dilakukan BPOM, terkait rangkaian investigasi dugaan KIPI berat. Logikanya, bila sesuatu yang jelas-jelas haram jadi halal dalam situasi darurat, sesuatu yang belum jelas haramnya semestinya otomatis halal dalam situasi serupa.

Pada hari yang sama, tim juga merampungkan audit lapangan di Biofarma yang nantinya akan memproduksi vaksin ini secara masal. Tim kemudian melaporkan hasil audit tersebut kepada Komisi Fatwa MUI Pusat untuk dilakukan kajian keagamaan menentukan kehalalan vaksin. Tarik ulur halal haram vaksin sejatinya merupakan masalah yang wajar terjadi namun bagaimana semua pihak bisa sepakat untuk mencari jalan tengah menjadi kunci tersendiri. Itu semata untuk segera mengakhiri pandemi yang mengubah cara hidup seluruh sendi.

Apakah vaksin covid halal

Hingga kini tercatat Indonesia diperkirakan membutuhkan sekitar 420 juta dosis vaksin untuk memenuhi kebutuhan 181,5 juta sasaran vaksinasi. Untuk itu, Pemerintah tak hanya mengandalkan pasokan Impor vaksin dari satu produsen melainkan menggenjot kemampuan dalam negeri untuk bisa memproduksi vaksin. Namun, berbagai pendekatan jalan tengah kemudian diambil saat dalam kondisi darurat termasuk pandemi, solusi diperlukan dalam waktu yang sangat cepat.

Setelah mengkaji lebih dalam, MUI memastikan bahwa bahan baku dan cara pembuatan vaksin COVID-19 dari produsen tersebut menggunakan bahan-bahan yang aman dan halal. Proses penetapan halal untuk vaksin COVID-19 dilakukan melalui proses yang panjang. Sejak Oktober 2020, tim MUI yang terdiri dari Komisi Fatwa MUI Pusat dan LPPOM MU beserta tim lainnya mengunjungi pabrik di China dan melakukan investigasi. Vaksin ini telah mendapatkan izin penggunaan dari BPOM pada tanggal 11 Januari 2021.

Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia , KH Muhammad Cholil Nafis mengajak masyarakat turut mensukseskan program vaksinasi Covid-19. b) Pada penyiapan bibit vaksin rekombinan hingga siap digunakan untuk produksi terdapat penggunaan tripsin dari babi sebagai salah satu komponen pada media yang digunakan untuk menumbuhkan E.coli dengan tujuan meregenerasi transfeksi plasmid p5713 p-DEST ChAdOx1 nCov-19. Kementerian Kesehatan selaku pelaksana program vaksinasi nasional akan mulai distribusi vaksin AstraZeneca paling lambat senin minggu depan agar segera kita dapat mempercepat program vaksinasi. “Jadi, tidak ada alasan masyarakat untuk ragu-ragu mengikuti program vaksinasi,” tegasnya. Ia menegaskan jangan ada lagi keraguan dari masyarakat untuk vaksinasi COVID-19.

Lanjutkan baca artikel ini dan artikel lainnya dengan daftar akun Kompas.id. Keputusan itu telah melalui musyawarah hukum pengurus Syuriah PWNU. Bahwa mendukung kewajiban yang ditetapkan oleh pemerintah juga hukumnya wajib. ”Sehingga tidak menaati keputusan pemerintah yang jelas-jelas tidak bertentangan dengan syara’ adalah dilarang ,” jelas Marzuki.

Karena 27 kasus terbukti tidak terkait dengan vaksin Sinovac, Komnas KIPI merekomendasikan vaksinasi Covid-19 bisa dilanjutkan. Dari hasil pemeriksaan sementara, semua yang ikut vaksinasi yang dilakukan oleh 4 orang tersangka itu mendapatkan sertifikat. Vaksinasi covid-19 penting untuk meningkatkan imunitas manusia terhadap serangan virus korona yang mematikan, yang sampai kemarin telah membunuh 1,5 juta lebih manusia di muka bumi.